Kalo Pantas, Pasti Dapat

19:07 0 Comments

Hai hai.. Udah lama nih ga posting tulisan. Abis pas liburan tanding mulu. Ya.. itung-itung ngilangin stres lah gara-gara ada nilai rapot yang tidak memuaskan. Seumur-umur nih ya, baru sekali ada nilai 30 di rapot, dan itu Saya dapet sekarang di kelas 11 alias 2 SMA. Itu kali yang bikin masa putih-abu ini spesial. Soalnya apa yang belum pernah kamu rasain bakal didapetin di SMA. Tapi bersyukur dapet nilai itu, jadi dapet inspirasi deh. Walau dapet nilai di pelajaran matematika yang bikin orang tua maklum, tetep aja ngerugiin karena Saya ga masuk 10 besar kelas. Waktu kelas X kan Saya dapet ranking 3 untuk semester 1 dan ranking 9 untuk semester 2. Itulah yang bikin sedih, padahal bertekad selalu 10 besar pas SMA biar bisa PMDK ke universitas yang diinginkan.

Hasilnya adalah.. evaluasi lah pasti. Mikirin kenapa dulu bisa, sekarang ga bisa. Coba inget-inget dulu yang bikin motivasinya kenceng apa. Eureka! kelas 10 tuh motivasi terbesarnya ternyata balas dendam. Bukan dendam karena Wiro Sableng ngalahin Si Buta dari Goa Hantu ya, apalagi dendam karena Sirius dibunuh Bellatrix. Ga kenal tuh dua-duanya. Dendamnya karena ga bisa masuk SMA kluster 1 yang Saya inginkan. Jadi waktu kelas 10 itu motivasinya "Saya harus bisa jadi yang terbaik di sekolah saya biar ga kalah sama temen-temen yang ada di sekolah kluster 1." Nah.. dengan motivasi itu Saya bisa dapet ranking 3. Kalo semester 2? Hmm.. tagetnya bertahan kalo ga salah. Mungkin karena targetnya kurang tinggi dan faktor 'cepat puas'nya Saya, rankingnya turun jadi 9. Kalo gitu ga ada yang salah dong dengan target. Kan kelas 11 juga saya punya target tetep di 10 besar. Barulah ketauan di mana salahnya. Kesalahannya ada di proses!

Ngeliat perbedaan proses mendapatkan hasil belajarnya, Saya jadi inget kata-kata mentor saya. Gini nih ucapannya, "Kalo ingin kaya, kamu harus ngebuat diri kamu pantas dulu. Kalo udah pantas, kekayaan yang akan mengejar kamu."-Yahdi Siradj- 
Apa coba hubungannya ranking sama kaya? Jadi kalo diterjemahkan dalam pengertian Saya, kalimat tadi berubah "Jika Anda ingin menjadi sesuatu, buatlah diri Anda pantas untuk menjadi sesuatu itu. Dengan begitu, apa yang Anda inginkan akan mendatangi Anda." -Ilman Dzikri- (ko kata-katanya jadi lebih keren dari yang ngasih nasehat ya?)

Nyesek lah jadinya. Berarti Saya ga bisa masuk 10 besar karena Saya tidak belum pantas ada di posisi itu. Ternyata emang bener, waktu kelas 10 tuh yang namanya ulangan hampir selalu dipersiapkan dengan sungguh-sungguh, setiap materi pelajaran diikuti semaksimal mungkin, kalo ga ngerti nanya sampe paham, semua tugas dikerjain, ngga ada deh kata malas. Nah kelas 11, di kelas main mulu, mikirin kegiatan ekstra, tugas ogah-ogahan, materi ga ngerti ditumpuk, ulangan cuma target lulus. Jadi wajar lah Saya lebih bagus pas kelas 10. Target tuh dikejar dengan usaha beneran ga kaya kelas 11 yang ada target tapi ga mau cape ngejalanin prosesnya. 


Ini juga Saya rasain waktu ikut kejuaraan RedFox Cup X selama liburan. Waktu itu Saya bersama Tim Sofbol SMAN 20 atau panggilannya Tim Twenty berhasil masuk final. Sejak awal kita diberi arahan untuk bersikap layaknya juara. Karena pelatih kita, seorang alumni SMAN 20 Bandung yang sekarang jadi pelatih Tim Bisbol Jawa Barat, Faisal Abdillah  pernah ngasih wejangan sama kita. "Juara itu budaya. Untuk menjadi juara, kita harus menjalankan budaya seorang juara." -Kang Icang- 


Hasilnya? Luar biasa! Setelah sekian lama, akhirnya SMAN 20 Bandung bisa masuk final. Dengan bersikap seperti juara, yang kalo dalam hal ini berarti rajin latihan, tanggungjawab, jaga kondisi, dan selalu optimis kita bisa masuk final. Walaupun hasil akhirnya posisi runner up, kita udah punya budaya juaranya. Kalo bisa dipertahankan, juara sesungguhnya tinggal tunggu waktu.

Tim Juara

Masuk Final!!!


Selebrasi

  
Runner-up RedFox Cup X 2011

Itulah 2 pengalaman yang sepertinya sudah cukup untuk membuktikan nasehat di atas. Kalo kita pengen jadi atau ngedapetin sesuatu, hal yang harus kita lakukan ya membuat kita pantas mendapatkannya. Liat deh orang-orang yang nasibnya miskin. Mereka pasti pengen kaya, tapi banyak yang ga mau usaha dengan bener. Ya ga jadi kaya lah, kan yang pantas kaya itu para pekerja keras, tekun, kreatif, tahan banting dan lainnya. Terus ada lagi fenomena aneh di negara ini. Orang-orang berebut jadi pemimpin. Modal gila-gilaan sampe tebar pesona. Ga dapet posisi stres bisa sampe bunuh diri. Padahal kan gampang kalo pengen. Ga usah ribet-ribet kampanye sana sini. Tinngal buat dirinya pantas menjadi pemimpin. Kalo orang udah jujur, peduli rakyat kecil, rela berkorban, ramah, sopan, pekerja keras, dan punya sifat pemimpin lainnya, Saya rasa tanpa kampanye orang-orang dengan senang hati menjadikannya pemimpin mereka. Tentunya karena dia pantas!


Jadi kawan-kawan, kalo kamu sedang pengen sesuatu, atau menjadi sesuatu, jangan merengek, jangan menjatuhkan orang lain, cukup buat diri kamu pantas ngedapetin apa yang kamu mau. Ayo mulai dari sekarang! perubahan itu harus dimulai dan ada pada kita. Semangat ya! semoga kalian mendapatkan yang kalian inginkan. :)

Ilman Dzikri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: