menjadi kuat

20:10 0 Comments

semua orang ingin kuat. meskipun definisi 'kuat' untuk setiap orang berbeda pastinya. di posting ini saya ingin coba berbagi definisi kuat dan cara untuk menjadi kuat. sesuai definisi saya tentunya.

---- serius mode : on ----

Kuat bagi saya sebenarnya juga memiliki banyak definisi. Kuat itu bisa berarti mampu bertahan bahkan menang ketika diserang atau diganggu fisik maupun prinsipnya. Kuat juga berarti konsisten menghadapi setiap rintangan di jalan yang kita pilih. Tapi definisi yang paling saya suka, "kuat itu berarti mampu bertahan sendirian, dan mau berkorban untuk orang lain."

Mari kujelaskan kawan, mengapa definisi tersebut paling tepat menurut saya. Orang yang memiliki niat baik, pasti ingin menjadi kuat untuk melindungi orang lain. Menjadi berguna bagi orang lain. Sayangnya, seringkali seseorang ingin menolong orang lain, padahal untuk menolong dirinya sendiri tidak mampu. Hasilnya, usahanya bukan membantu, malah semakin merepotkan orang yang ingin ditolongnya. Yap! Hasilnya yang ingin ditolong malah yang perlu ditolong.

Karena itulah, kuat berarti mampu bertahan sendiri. Menyelesaikan semua masalah tanpa perlu bergantung pada orang lain. Tetap memegang teguh prinsip meskipun orang-orang meninggalkan. Mampu menunjukkan jati diri tanpa terpengaruh orang lain. Konsisten dalam keadaan sendiri maupun bersama orang lain. Mengenal diri sendiri sebelum mengenal orang lain. Bukan tidak membutuhkan orang lain, tetapi mampu tetap kuat meskipun tidak ada orang lain. Suatu kondisi tidak bergantung pada siapapun. Ada tidaknya orang lain tidak akan mengubah kekuatannya, pendiriannya, dan kepribadiannya.

Jika Anda bertanya, "Bukankah cukup memiliki sesuatu yang berharga untuk dilindungi dan diperjuangkan untuk menjadi kuat?"

Maka jawabannya, "Benar! Sesuai filosofi Sun Zhu, manusia akan menunjukkan potensi terbaiknya dalam keadaan terdesak."

Tapi pikirkan ini kawan, seseorang tidak mungkin menjadi sangat kuat dalam seketika. Ia hanya mampu menjadi 'cukup kuat' dalam keadaan terdesak. Mungkin Anda bisa menolong sesuatu itu, namun tidak akan cukup kuat untuk menyelamatkannya. Ingat, kita ingin menyelamatkan, bukan menjadi yang diselamatkan.

Karena itu, cara menjadi lebih kuat ketika telah mampu bertahan sendiri adalah berkorban untuk orang lain. Menjadi berguna bagi sesuatu yang penting untuk kita. Percayalah! Tekad dan keinginan untuk melindungi orang yang kita cintai, atau memperjuangkan sesuatu yang berharga untuk kita akan meningkatkan kekuatan kita. Tentunya setelah kita mampu melindungi diri sendiri.

Begitulah kawan. Menurut saya cara menjadi kuat adalah:

1. Meninggalkan ketergantungan diri terhadap orang lain, melatih diri tetap konsisten dalam keadaan ada dan tidaknya orang lain sehingga membuat diri mampu bertahan dalam keadaan tersulit sekalipun sendirian.

2. Berkorban dan menjadi berguna bagi orang lain, untuk memunculkan tekad dan keinginan yang akan meningkatkan kekuatan kita. Ketahuilah, kekuatan pengorbanan sungguh luar biasa!



Ilman Dzikri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: