Ramadhan dan Keluarga

08:40 0 Comments

Assalamu'alaikum barudak!

Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan ya! Eh, tapi udah hari terakhir ya sekarang? Gapapa lah daripada ngga sama sekali.

Ramadhan itu identik sama bubar alias buka bareng atau bukber alias buka bersama. Tahun ini sebenarnya saya pribadi ga begitu tertarik untuk banyak-banyak ngelakuin budaya asli Indonesia ini, soalnya ada targetan dan rada males aja gitu. Tapi karena banyak yang ngajak akhirnya di bagian akhir bulan saya dengan senang hati hadir di beberapa acara buka bersama ini.

Kenapa orang Indonesia suka banget ngadain bubar? Katanya sih Ramadhan tuh momen yang tempat buat kumpul-kumpul, reunian dan silaturahmi sama temen SD, SMP, SMA, tongkrongan, organisasi, dan lain-lain. Makin eksis orang pasti makin banyak tuh undangannya. Sayangnya orang kita suka kurang ajar, ga tau mana yang wajib dan mana yang sunnah atau malah ga penting. Waktu bubar sering kali jadi terlambat shalat maghribnya, malah saya pernah ketemu yang bubarnya semangat tapi shalat maghribnya malah kelewat. Terus, karena perut udah full tank, sampe rumah shalat isya dan qiyamur ramadhan (baca: taraweh) malah lupa. Kesannya malah aneh kan. Bulan Ramadhan yang penuh tawaran pahala berkali lipat dari Allah malah ditinggal untuk urusan yang sebenernya bukan keutamaan Ramadhan. Walaupun ga semua kaya gitu sih. Ada juga yang bubarnya lanjut taraweh bareng juga. Yang pasti, kalo ketemu orang-orang yang kurang ajar alias kurang terpelajar itu, kita harus ingetin biar niat silaturahmi dapet, keutamaan juga dapet.

Buka bareng siapa Man yang paling berkesan? kalo ditanya kesan makanan sih bisa saya sebut. Tapi kalo bareng siapa, rasanya ga bisa deh. Hal yang paling saya nikmati dari bubar-bubar (bukan ubur-ubur) tahun ini adalah saya merasa punya banyak banget keluarga. Rasanya seneng banget tau dan sadar saat kita pergi ke manapun, akan selalu ada orang-orang yang menerima kita. Ada Doberman, Banjarsari Unggulan '06, kelas 9i SMPN 5 '09, kelas IPA 3 '12, Rohani-554, PK 20'11, Bukovin, dan keluarga besar Beylon Kartakusumah almarhum kakek. Mungkin pelajarannya "berusahalah selalu bersama orang yang mencintai kita." dan tentunya untuk terus bersama mereka kita harus menjaganya. Menjaga silaturahmi dengan mereka semua.

Bubar PK di Resep Moyang


Bubar Doberman
Dari Gedung Merdeka ke PT KAI dan Taman Pramuka


Bubar Banjarsari di Makan-Makan


Bubar XI IPA 3 (sedih ga hadir)

Buka bareng keluarga besar di rumah baru tante

Bersama sepupu yang lucu dan sangar


Akhir kata, karena posting ini selesai setelah maghrib yang artinya udah masuk 1 Syawal 1432 saya mengucapkan, "Taqabalallahu minna wa minkum. Semoga Allah menerima amal kita selama Ramadhan. Amin"

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1432 H

*aneh ga sih awal posting ngucapin selamat menunaikan ibadah shaum, akhirnya ngucapin selamat lebaran? serasa Ramadhan cuma sehari jadinya.

Ilman Dzikri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: