Think Out of The Box

19:39 0 Comments

Sebagian orang udah akrab kali ya sama istilah ini. 'think out of the box' yang bahasa kitanya 'berpikir di luar kotak' itu, ternyata sangat baik dilakukan. Kalo di dalam kotak kan boro-boro mikir, yang ada mati kurang oksigen. No no no no tunggu dulu. Cinta jangan buru-buru~ Bukan itu maksudnya. Di luar kotak dalam istilah ini, artinya keluar dari mainstream atau kebiasaan. Ngarti kan? Jelasnya sih bisa dibilang 'berpikir di luar kebiasaan berpikir orang banyak' yang disingkat 'kreatip' (pake ep).
Untuk apa? Sekarang tuh industri ga hanya untuk mesin, teknologi, dan sejenisnya. Di Indonesia khususnya Bandung ada industri yang sedang sangat produktif dan menjanjikan, namanya industri kreatif (baca: kreatip). Modal dan sumber dayanya ternyata bukan hasil alam kaya industri lainnya, tapi dari dalam diri manusia. Apalagi kalo bukan kreativitas (baca: kreatipitas). Ini nih yang susah-susah gampang susah. Kreatif itu kan diambil dari bahasa inggris 'creative' yang artinya bersifat membuat. Berarti kan hal baru. Ga gampang sih menurut saya menjadi kreatif, karena harus selalu bikin hal baru. Tapi hasilnya? yahuuud! Sukses semua cuy! Liat kripik singkong pedas (lebih akrab disebut kripik setan atau kripset) Maicih. Sebelumnya udah banyak yang bikin kripik jenis ini. Tapi yang bikin level untuk produk dan ngasih merk tuh cuma Maicih. Ditambah cara pemasaran yang unik dengan tempat yang terus berpindah dan hanya bisa diliat lewat twitter, Maicih jadi makanan yang terkenal dan dicari dalam setahun. Dan kalo pernah liat antriannya, beuuuh! ampun DJ! Contoh lainnya kuliner dari Bandung yang udah lebih lama tenar dan jadi ciri khas oleh-oleh Bandung, Brownies Kukus Amanda! Brownies tuh dari dulu udah banyak yang buat, tapi yang pertama dibuat dengan cara dikukus ya Amanda. Jadilah terobosan barunya menarik banyak orang sampai sekarang. Banyak sih contoh lain industri kreatif di Bandung, dari kuliner, clothing, aksesori dan lainnya tapi cukup lah 2 itu. Kesimpulan saya, sekarang tuh yang dicari orang-orang yang kreatif dan berani beda. Pasar inginnya yang ngga biasa. Ingat SM*SH? Boy Band yang melejit cuma dengan 1 single. Sadar ga mereka muncul pas pasar lagi kebanjiran lagu-lagu pop melayu? Walaupun dihina dan dicerca, mereka terus sukses karena pasar pasti lagi bosen sama pop melayu. Dan mereka, dengan konsep yang beda dari kebanyakan saat itu pasti bakal nyedot animo banyak orang.

Sekarang kebayang dong untungnya berpikir beda, ngebuat hal baru? Dengan 'think out of the box' kita akan jadi orang yang dicari-cari karena stoknya ga banyak malahan ga ada lagi. Nah, giliran kalian nih yang nyoba. Bikin deh suatu perubahan di lingkungan kalian. Hal-hal kecil yang kayanya udah umum banget tuh jadiin kesempatan kalian untuk buat perubahan. Kalo orang lain bikin catetan pake pulpen item atau biru, cobain lah selalu nulis pake tinta hijau. Kalo orang-orang selalu nganggep sampul buku paling bagus itu kertas coklat, coba kita pake warna-warni. Hal kecil tapi melawan mainstream itu pasti berarti untuk membuat kamu berbeda.

Dan hal terakhir tentang 'think out of the box' adalah kita harus siap menerima tentangan lingkungan kita terhadap ide-ide baru, beda, bahkan nyeleneh dari kita. Dengan kultur Indonesia yang banyak adat dan budaya, terkadang ide kita dibilang merubah tatanan yang ada lah, cari sensasi lah, atau komentar jelek lainnya. Mungkin bukan ide atau mereka yang salah. Tapi karena setiap perubahan butuh waktu dan proses. Bisa cepat atau mungkin lambat. Toh dulu juga ide mengganti minyak tanah dengan LPG banyak dicibir. Baru kerasa sekarang deh keuntungannya, dan yang mencibir sekarang malah memuji.

"Ide yang baru dan berbeda, jika kita yakin itu akan bermanfaat banyak, layak kita pertahankan!"


Ups! Jadi inget golongan darah AB katanya punya bakat untuk ngelakuin hal yang beda. Biasanya sifatnya unik, abstrak dan beda dari yang lain. Berarti siap-siap aja ya, saya akan menggemparkan dunia! Hahaha.. *evil laugh

Hidup Abstrak! Hidup Beda! Hidup golongan darah AB! Hoaaam.. ngantuk


Ilman Dzikri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: