Hidup Jangan Otomatis!

Sebuah aktivitas, jika dilakukan berkali-kali dan terus menerus akan menjadi kebiasaan. Kebiasaan yang kita lakukan juga sering kali menjadi sebuah rutinitas. Sadar atau tidak, rutinitas bisa mematikan kreativitas kita. Kenapa? Karena rutinitas bisa membuat hidup kita otomatis. Apa sih maksudnya hidup otomatis? Hidup otomatis itu kondisi di mana kita melakukan rutinitas tanpa tau apa tujuan dan manfaat aktivitas yang kita lakuin. Misalnya sekolah deh. Coba tanya diri kita. Kenapa sih kita sekolah tiap hari? Kalau jawabannya “soalnya dari dulu juga gitu”, “disuruh orang tua”, “udah lulus SD, SMP, ya lanjut terus lah ke SMA dan kuliah” itulah hidup yang otomatis. Melakukan aktivitas hanya karena itu kebiasaan, tapi ga tau tujuan yang kita mau capai apa. Hidup kita bakal jadi kaya robot yang diprogram buat ngelakuin suatu hal terus menerus. Jadi robot yang tiap hari diprogram bangun pagi, sekolah, les, tidur. Tanpa pernah mikirin buat apa sih ngelakuin itu semua. Hasilnya apa? Kosong. Karena kalo otomatis, yang penting tuh aktivitasnya terlaksana. Ga akan pernah kepikiran untuk dapet sesuatu yang lebih dari aktivitas yang kita lakuin. Ga akan kepikir untuk nyari cara yang lebih baik untuk ngelakuin aktivitas kita. Akhirnya, seperti yang saya tulis di atas, kreativitas kita akan mati.

Nah loh? Kalo gitu ga boleh punya rutinitas dong? Menurut saya ngga juga. Rutinitas mungkin membantu orang untuk hidup teratur. Yang perlu diingat jangan sampe lupa sama setiap tujuan aktivitasnya. Contoh di organisasi, kita buat program, dan ngelaksanainnya harus karena kita punya tujuan yang jelas. Jangan sampe buat suatu program dengan alasan “karena dari dulu juga gitu”, “karena udah budaya”, atau “biar sama kaya taun lalu”. Sah-sah aja bikin acara yang sama tiap tahun. Yang harus diinget, mungkin acaranya sama, tapi tujuannya, caranya, konsepnya, isinya harus baru. Harus ada peningkatan dari tahun sebelumnya. Jangan cuma ngelaksanain acara turunan dari angkatan sebelumnya.


Selain karena otomatis, rutinitas bisa matiin kreativitas soalnya rutinitas bisa menjebak kita dalam ‘zona nyaman’ atau ada yang bilang juga ‘zona aman’. Artinya sama ko. Zona aman atau zona nyaman itu kondisi ketika kita sudah merasa nyaman dengan sesuatu hal yang membuat kita enggan meninggalkan atau mencari hal lain yang lebih baik dari yang kita suka. Misalnya, karena udah ngerasa pemilu itu cara paling gampangnya atau biasanya keliling ke kelas-kelas. Karena udah nyaman dengan cara itu, kita jadi males dan ga mau cari cara lain yang lebih baik. Padahal mungkin ada ratusan cara lebih efektif dan efisien untuk ngelaksanainnya. Nah, itu yang bikin zona nyaman bahaya buat kreativitas kita.


Kalo menurut saya, lebih asik tuh hidup rutin / teratur dengan tetep inget tujuan setiap kegiatan yang kita lakuin secara rutin itu. Dengan inget tujuannya, kita bisa tetep rutin tapi ga matiin kreativitas. Dan pastinya bisa bertualang meskipun dalam rutinitas. Jadi ga bakalan nemu kata bosen dalam rutinitas. Contoh, kita rutin pergi ke sekolah jam 06.00. tempat yang dituju boleh sama, tapi kan kita bisa coba pake kendaraan, jalan, dan cara yang beda. Dan dengan begitu lebih banyak kesempatan kita nemuin hal baru. Hebat kan bertualang dalam rutinitas.


Buat yang hidupnya masih otomatis, “Let’s move! Let’s change!”


Ilman Dzikri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: