Cerita Sebelum Tidur

22:02 0 Comments

Assalamu'alaikum... 

Puji syukur mari kita ucapkan ke hadirat Allah SWT. Berkat modem dan pulsa yang merupakan karunia-Nya, malam ini saya masih bisa posting tulisan ke blog ini.

Kemarin petang, saya, Ilman Dzikri, tidur lama banget sampe lewat tengah malam. Entah kenapa, rasanya badan lemes banget. Padahal di hari pertama kuliah kemarin, ga ada kuliah yang berat sama sekali. Apakah mungkin cerita-cerita bersama kawan sekaligus curhat menjadi penyebabnya? Saya rasa ini kelelahan yang terakumulasi dari minggu terakhir di Bandung. Singkatnya, kebanyakan begadang. Tadi pagi, berhubung kuliah mulai jam 14.00, sehabis shalat shubuh saya tidur lagi. Sekarang, saya nulis sebelum.. tidur. Hehe..

Sleeping Beauty

Menidurkan ponakan, bukan meniduri ya!

Setelah cape main air

Kecapean ngotak-atik rubik

Ga cuma di ranjang, di dalem keranjang juga bisa!

Ceritanya tidur. Iya, maksudnya saya mau cerita tidur. Saya juga mau tidur, tapi abis cerita tentang tidur ya. Bingung? Jangan tidur ya! Ntar siapa yang baca dong kalo pada tidur. 

Bicara tentang tidur (bukan bicara sambil tidur), ini kegiatan udah pasti hal kedua yang kamu, kamu, kamu, dan kamu, alias kalian ga pernah lupain setelah makan. Ga ada kan orang yang saking sibuknya sampe lupa tidur. Para begadang-ers aja pasti tidur begitu tugasnya kelar. Bagai dapet hadiah lotre pergi ke luar negeri, tidur adalah cara yang mudah untuk kita bepergian. Tinggal tutup mata, maka dunia yang kau inginkan akan hadir di depanmu. Namanya dunia lain, kalo serem boleh lah kamu sebut dunia mimpi. Itu juga kalo kebetulan mimpi sih. Beda sama makan, kalo kamu mau tidur, ga perlu bayar. Semuanya gratis! Merakyat banget lah pokoknya. Bikin semua orang bisa ngelakuinnya. Dari mulai bayi yang bisanya emang cuma nangis-netek-berak-tidur sampai golongan manula yang biasanya sibuk sampe kecapean nonton sinetron. Secara medis, tidur itu penting banget. Ketika tidur, sel-sel manusia tumbuh dan diperbaiki, ingatan kita diubah ke dalam mode ingatan jangka panjang, dan kekebalan tubuh ditingkatkan. Ini nih yang bikin kamu malah blank ketika ngerjain ujian setelah semalemnya belajar sampe begadang. Kebutuhan tidur juga ada dosisnya. Anak-anak butuh 10 jam, remaja 8 jam, dan orang dewasa 6 jam. Katanya sih, tidur juga kaya obat. Efeknya buruk kalo dosisnya kurang atau kelebihan.

Kalo ini lagi sakit

Tidur di kelas itu.. Nikmat!

Mode persiapan menghadapi UN

Setiap orang sih kayanya punya pemaknaan sendiri sama tidurnya. Ada yang ga suka banyak tidur karena ngerasa itu buang waktu. Ada yang tidur sekadar istirahat. Ada yang tidurnya untuk jaga kecantikan, soalnya kan kalo kurang tidur jelek jadinya karena punya kantong mata. Kaya itu tuh.. Tau lah.. Yang fotonya digantung di tiap kelas di sekolahan. Bikin kita 'prihatin' kalo ngomonginnya. Hahahaha.. Ada juga yang tidurnya itu jadi hobi. Salahsatunya, ya, saya.

Agak ga percaya sih awalnya kalo tidur bisa jadi hobi. Tapi, semuanya berubah ketika negara api menyerang. Ngga deng. Berubah sejak saya ketemu sama orang namanya Rian. Dia asal Bandung dan bukan dari Jombang. Kebayang deh kalo dari Jombang mungkin saya udah mati dikubur di halaman belakang rumahnya. Nah, Rian ini orang pertama yang saya kenal yang bilang hobinya tidur. Kita satu tempat les bahasa inggris waktu SMP. Kirain tuh boong, tapi semuanya lagi-lagi berubah setelah negara api menyerang. Ngga deng. Rian itu membuktikan perkataannya. Setiap sekolah libur, tapi les ngga, dia akan datang ke kelas dengan wajah ngantuk dan bangun tidur. Di kelas juga kalo lagi bosen, dia tidur. Bagaikan nabi, dia membuktikan ajarannya langsung di depan mata.

Baru deh di masa putih-abu saya menjadi penganut taat ajaran hobi tidur. Tepanya waktu kelas tiga. Taulah di masa-masa perjuangan itu kita sering kecapean, ditambah pulang malem abis bimbel, atau main sama temen. Menurut saya, ada tiga jenis tidur yang paling nikmat. Pertama, tidur saat kecapean. Kedua, tidur di dalam kelas. Terakhir, tidur setelah bangun pagi-pagi sambil bilang, "lima menit lagi deh.". Paling penting nih, saya nemu makna tidur buat diri sendiri

Buat saya, tidur itu adalah sebuah pelarian. Pelarian yang legal. Entah sejak kapan, saya sering berharap kejadian buruk itu cuma mimpi. Jadi gini, misalnya saya dapet kejadian buruk gitu, atau musibah, saya bakal stress kan, terus tidur deh. Tidur bukan sembarang tidur, tapi tidurnya itu sambil ngarep begitu bangun, semua kejadian buruk tuh cuma mimpi doang. Udah sering sih bangun dan tersadar bahwa ga mungkin kejadian buruk bakal ilang gitu aja dengan tidur. Tapi, tetep aja ada perasaan penasaran 'siapa tau kali ini berhasil'. Kaya orang yang judi kali ya, penasarannya. Ini tuh sering banget kejadiannya. Misalnya nih, waktu ga lulus SNMPTN. Liat pengumumannya tuh kan sebelum tidur. Setelah liat, dengan hati galau saya susah tidur. Akhirnya, pagi menjelang, dengan penuh harap saya buka lagi tuh website pengumuman. Hasilnya, ya tau lah, kecewa kedua kalinya. Setelah itu juga saya jadi banyak tidur. Rasanya tuh malu banget keluar rumah buat ketemu temen. Mending tidur, masuk ke alam mimpi yang ga ada rasa sakit dan malu. Singkat cerita, tidur itu cara saya melarikan diri dari kenyataan. Setidaknya sejenak lah ga beneran lari juga. Kita ga boleh lari dari masalah, tapi kalo larinya ke alam mimpi, kata saya boleh. :p

Selain itu, ada satu lagi arti tidur buat saya. Agak mirip sih sama sebelumnya. Selain tempat pelarian, tidur juga berguna buat nyari inspirasi atau setidaknya menjernihkan pikiran. Biasanya nih, kalo lagi stuck banget nyari ide atau nyelesain masalah, saya juga bakal tidur. Bangun-bangun, entah karena sugesti atau emang beneran, otak tuh biasanya lebih jernih. Beda tipis sih sama otaknya kosong, kaya yang bangun tidur. Tapi ini berguna! Biasanya ide jadi gampang dateng dan kita bisa ngeliat masalah dengan cara yang berbeda. Pernah ga sih kamu ngerjain soal matematika, terus alurnya bener, tapi jawabannya salah karena di tengah-tengah ada tahap yang salah? Kalo kaya gini tuh pasti susah nyari di mana salahnya. Guru biasaya akan nyuruh kita ngerjain ulang di kertas baru, biar ga kepengaruh alur berpikir kita sebelumnya. Akhirnya ketemu deh salahnya dengan ngebandingin dua pengerjaan kita. Fungsi tidur buat saya itu sama kaya ngehapus pengerjaan soal sebelumnya. Ketika saya nemu masalah, terus mikirin solusinya, kadang ga ketemu melulu karena udah terlanjur ngeliatnya dari satu sudut panjang aja. Setelah tidur, saya bisa ngeliat masalah dari sudut pandang lain dan akhirnya bisa menemukan solusinya lebih mudah. Gitu deh..

Nongkrong itu enaknya tidur

Masa-masa yang melelahkan

Istirahat sejenak di tengah hiruk pikuk sekolah

Kapan pun di mana pun

Di Balairung waktu promosi UKM

Kecapean setelah Potluck

Sekarang, di masa kuliah, tidur itu jadi kebiasaan penting. Tau kan 'segitiga mahasiswa'? Itu loh, mahasiswa bakal berkutat dengan belajar, gaul, sama tidur dan pasti ngorbanin salahsatunya. Misalnya, orang banyak belajar dan banyak gaul, pasti sedikit tidurnya. Orang yang banyak belajar dan banyak tidur, pasti jarang gaul. Terakhir, orang yang banyak gaul dan banyak tidur, pasti belajarnya kurang.

Sebagai mahasiswa di salahsatu perguruan tinggi ternama di ibu kota (asik), kerasa banget tuh. Tidur tuh jadi mahal dan berharga. Apalagi buat saya yang biasanya banyak tidur di SMA. Untungnya, di dunia kuliah ini, khususnya di kampus saya, beberapa dosen sangat pengertian kalo ada mahasiswa yang tidur di kelas. Walaupun ga semua ya, harus tau juga mana yang toleran mana yang ngga. Mungkin karena mereka juga pernah ngalamin posisi kecapean kali ya sewaktu jadi mahasiswa dulu. Berkat beliau-beliau itu, saya masih bisa nikmatin tidur di kelas. Jangan salah, tidur di kelas itu selain nikmat juga berguna! Kecuali kalo tidur sepanjang kelas sih. Kalo kaya saya yang pas masuk kelas ngantuk, di tengah kelas tidur biasanya 15 menit, sisanya ngikutin kelas lagi, tidur bikin seger. Daripada ngantuk sepanjang kelas dan bikin kita ga bisa nerima materi sama sekali, mending kehilangan 15 menit lalu bisa fokus di sisa kelas kan.

Waaaah.. Ga kerasa ya, udah malem. Saya cukupkan aja deh tulisannya sampe sini. Biar kamu, kamu, kamu, dan kamu alias kalian bisa tidur setelah baca tulisan saya ini sambil terantuk-antuk. Terima kasih sudah membaca. Sampai jumpa!

Selamat Tidur...

Ilman Dzikri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: