dibalik kesuksesan dan kehancuran seorang pria, terdapat wanita istimewa

11:05 4 Comments

jika anda pernah baca sebuah quote yang berbunyi "behind a great man, there is a greater woman", maka menurut saya quote tersebut perlu dilengkapi menjadi seperti judul posting ini. kenapa? tentu saja karena wanita bukan saja sering membuat pria sukses, tapi sering pula menghancurkan kesuksesan seorang pria. masih ga percaya? baca aja sampai selesai.

itulah wanita. makhluk indah nan cantik. lembut dan perasa. yang sering membuat masalah di dunia ini. mereka ujian terberat bagi pria. namun mereka jugalah sumber kebahagian pria. mereka seringkali mudah dihasut setan. namun ternyata hidayah lebih mudah merasuk diri mereka dibanding pria. mereka adalah makhluk lemah yang perlu dilindungi. namun seorang penguasa terkuatpun membutuhkan wanita di sisinya. wanita adalah keindahan tertinggi. karena dari mereka lah cinta-Nya kita rasakan.

Tuhan sungguh Maha Kuasa. Ia menciptakan makhluk dengan sifat yang sungguh kontradiksi. mampu memuliakan pria hina dan menghinakan pria mulia.

mari kita bernostalgia dengan penciptaan manusia. Adam adalah wujud manusia pertama yang menghuni surga. walaupun surga dipenuhi keindahan dan makanan lezat, hanya wanita bernama Hawa lah yang mampu menyempurnakan hidup dan fitrahnya. namun Hawa ternyata diciptakan bukan hanya untuk membahagiakan Adam saja. wanita ini Allah jadikan cobaan terhadap Adam. setan yang gagal membujuk Adam melanggar larangan Allah memakan buah khuldi mengganti strategi dengan membujuk Hawa. dan akhirnya Hawa terbujuk. ternyata, bujukan seorang wanita lebih hebat dari bujukan setan. Adam yang gagal oleh bujukan setan tak kuasa menolak permintaan wanita terkasihnya untuk mencicipi buah khuldi. diusirlah mereka berdua ke bumi. dan dipisahkan ke dua ujung bumi. timur dan barat. wanitalah yang menghancurkan kehidupan indah Adam di surga.

selanjutnya, mari kita lihat apa sebab pembunuhan pertama yang mengotori bumi pertama kali. setelah bertemu kembali, Adam dan Hawa menjalani hidup bersama. mereka memiliki keturunan. Habil dan kembarannya Labuda. Qabil dan kembarannya Iklima. ketika mereka telah dewasa. Allah mengatur perkawinan agar keturunan Adam tetap murni dan terhindar dari perkawinan sedarah. Allah memerintahkan Adam menikahkan Habil dengan Iklima, dan Qabil dengan Labuda. karena merasa Iklima lebih cantik, Qabil menolak perintah tersebut. bahkan ketika Allah sudah mengadakan sayembara berupa qurban, Qabil tidak puas. kejadian ini berakhir dengan pembunuhan Habil oleh Qabil. kecantikan wanita menyebabkan tumpahnya darah untuk pertamakali yang mengotori kesucian bumi.

kita lupakan sejenak dua kisah tadi. ternyata wanita juga menjadi ujian terberat bagi Nabi Yusuf As. suatu ketika dia dikunci oleh Zulaikha dalam suatu ruangan untuk difitnah. Yusuf yang hampir terkena fitnah berhasil selamat atas pertolongan Allah.

tapi ternyata, sejarah pun membuktikan kelembutan hati wanita membuat mereka kerap kali lebih mudah menerima cahaya hidayah. Asiyah istri Fir'aun adalah seorang wanita yang memilih dibunuh dan disiksa daripada menerima Fir'aun sebagai Tuhannya. dan tahukah kamu orang pertama yang memeluk Islam dan menerima risalah Nabi Muhammad SAW. dialah seorang wanita yang selalu mencurahkan kasih sayangnya pada Rasulullah dan mendukung Da'wahnya hingga akhir hayat. Khadijah tentulah yang saya maksud.

wanita memegang peranan penting dalam kekuasaan seorang pria. pria kuat akan mencari pendamping yang setara dengannya. baik dalam derajat maupun kecantikannya. hal itu bisa kita lihat dari kisah Julius Caesar yang memilih Ratu Cleopatra sebagai istrinya.

tapi, seringkali wanita juga memegang peranan penting kehancuran seorang pria. mulai dari Adam yang kehilangan kehidupan surganya karena Hawa. Mark Anthony yang dibunuh karena sibuk memuja Cleopatra hingga lupa mengurus republik romawi. hingga Bill Clinton yang terkena skandal karena wanita bernama
Monica Lewensky.

tapi jangan kita merendahkan wanita. karena saking mulianya mereka, Tuhan memberikan salahsatu namanya dalam setiap tubuh wanita. betul! rahim hanya dimiliki wanita. dan rahim berarti penyayang. alangkah mulianya wanita sehingga Tuhan menganugerahkan namanya pada wanita.

dan percayalah kawan, cinta Tuhan yang pertama kita rasakan berasal dari wanita. wanita mulia yang kita panggil ibu, mama, bunda, dan sebutan lainnya yang bermakna serupa. maka tak mungkin lahir superman tanpa adanya super woman.

wanita pulalah yang membawa dan mengenalkan kita pada cinta. hatinya yang lembut dan perasaannya yang tulus menyebarkan cinta. tidak seperti pria yang penuh ego dan keserakahan. wanitalah yang dapat membuat pria bahagia

kawan, jika kau berpikir aku terlalu naif karena menyalahkan semua kejadian tadi pada wanita. mungkin aku memang naif. kenapa bukan pria yang disalahkan? bukankah mereka yang merusak?

percayalah, pesona dan kecantikan wanita lebih kuat dari tenaga apapun. karena dengan itu, kerasnya hati dan pendirian pria bisa dikalahkan. cobalah pikirkan, apakah seorang pria akan menolak jika wanita yang dicintainya meminta sesuatu. dan sesuatu itu akan membuat wanita tersebut bahagia, atau hanya tersenyum kecil. tentunya tidak. pria itu akan mengorbankan seluruh kemampuannya untuk membahagiakan wanita pujaannya. bahkan jika permintaannya mustahil sekalipun. karena bagi seorang pria, kebahagiaan tertinggi ada pada kebahagiaan wanita pujaannya.

artikel ini saya buat bukan untuk merendahkan wanita, apalagi melecehkannya. karena saya adalah pria normal. yang mencintai wanita. saya hanya ingin mengingatkan bahwa wanita butuh diperlakukan dan dijaga dengan sebaik-baiknya. karena jika tidak, kehancuran yang telah saya sebutkan akan terus terulang kembali.

wanita diciptakan dari tulang rusuk yang bengkok untuk diluruskan pria. namun luar biasa sulit untuk pria meluruskannya. jika mereka coba paksa luruskan, rusuk itu akan patah. sebaliknya jika mereka terlalu lemah, rusuk itu takkan pernah lurus.

dan jika kita bicara wanita, kita pasti akan membicarakan cinta. karena dari dan pada wanitalah pria mendapatkan cinta. mencintalah dengan benar! cintailah wanita sehingga kamu semakin mencintai Dzat yang telah menciptakan mereka. janganlah kau cintai wanita seperti binatang! kau cinta karena nafsu belaka. hingga kau tega megotori bahkan menyakiti wanita.

untuk kalian para wanita, jagalah diri kalian dari api neraka. bukankah Rasulullah pernah mengatakan sebagian besar penghuni neraka adalah wanita. memang bukan kalian saja yang harus menjaga diri. tetapi sekali lagi "pesona dan kecantikan wanita lebih mudah menjatuhkan keimanan seorang pria". apalagi lebih banyak pria yang rusak oleh wanita dibanding wanita yang dirusakkan pria. lihat saja! sebodoh-bodohnya wanita dapat menundukkan sepandai-pandainya pria.

sedangkan untuk kalian para pria, lindungilah makhluk indah bernama wanita itu dengan sebaik-baiknya. bukankah yang meminta diciptakan wanita untuk pertama kali itu pria? bukankah organ lain akan rusak jika rusuk patah? tidak mungkin kayu bengkok menghasilkan bayangan lurus. karena itu, mulailah jaga wanita dengan menjaga diri kalian sendiri.

*******

dan kini, seorang wanita tengah meliputi hatiku dengan kebahagian.

senyumnya yang selalu kunantikan
tingkah lakunya yang selalu bahagiakan
tawanya yang selalu tentramkan
sedihnya yang selalu kutakutkan

akankah dia sukseskanku? atau malah hancurkanku?
hanya waktu dan Tuhan yang bisa menjawabnya

hey girl! i'm afraid my love is 'love of an animal'. this kind of love never eternal. i want my love is eternal like Shah Jahan's love to Mumtaz Mahal.

*dibikin pada hari ibu dalam keadaan demam.

Ilman Dzikri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

4 comments:

  1. tulisannya keren gan.
    ijin copas ya

    ReplyDelete
  2. tong hilap nami authorna nya upami di copas.. mangga..

    ReplyDelete
  3. Hmm,,, Nice Note!
    izin copast ya mas... :)
    TQ before...

    ReplyDelete