Tujuan Hidup, Butuh Ngga Ya...?

20:58 4 Comments

suatu pagi di pikiranku :

Hari ini ngasih proposal buat dibenerin, di kelas bahas fisika sama kimia biar ulangan bagus, pulang sekolah rapat PK beresin proker, abis itu mentoring di alka. Udah gitu besok gini, terus gitu, bla bla bla target minggu ini bla bla bla, target minggu depan bla bla bla. Ntar harus kuliah di sana, kerja jadi itu. Nikah umur sekian dan seterusnya.

Enak ya kalau kita punya tujuan dalam hidup ini. Di dalam pikiran terus muncul rencana-rencana kita untuk mencapainya. Setiap bertemu hari baru kita akan memulainya dengan optimisme dan semangat yang luar biasa. Dan ketika hari itu berakhir kita akan mengevaluasi hari itu telah membawa kita sedekat apa dengan tujuan kita.  

Beda ceritanya kalo kita ga punya tujuan hidup. Ga ada rencana buat dipikirin. Hidupnya “ya  gimana nanti”. Bukannya mikirin “nanti gimana ya?”. “Rencana hari ini apa?”, “ya gimana nanti. Kalo ada yang ngajak maen hayu, ada yang ngajak makan hayu, pokonya gimana nanti lah.”. Udah gitu kalo dikasih tugas tuh rasanya ga ada motivasi buat ngerjain. Yaiyalah! Kan ga tau tujuan kita apa. Ga tau gunanya tugas itu ngaruh ke tujuan hidup kita atau ngga.  

Kalo boleh cerita, Eh, ko minta izin sih? Ini kan blog saya. Pasti boleh dong! Saya pernah ngerasain kedua kondisi itu. 

Karena udah sering berpikir tentang masa depan, jadi tujuan hidup pun banyak bermunculan. Apalagi Saya senang berorganisasi, jadi sering banget punya proyek. Untuk tujuan hidup jangka pendek, -kita sebut saja Melati ‘proyek’- . Misalnya proyek program kerja Perwakilan Kelas, turnamen tim baseball atau softball, ngehafal Al-Qur an, tugas sekolah, ITSAR, dan banyak lagi. Semua proyek itu membuat Saya semangat. Tujuan yang gambaran tercapainya begitu jelas di depan mata dan bisa Saya lakukan. Setiap hari ngerjain semua itu dengan keinginan segera terwujud proyeknya. Tujuan kaya gini punya kelemahan. Kadang kita akan merasa hampa atau kosong ketika proyeknya udah beres. Waktu udah selesai turnamen RedFox Cup 2011, rasa semangat latihan tuh menurun. Gimana ngga, kan turnamennya udah beres. Hasilnya udah ketauan. Atau ketika selesai ngadain acara. Semangat mengarungi hari tuh pasti turun soalnya udah ga ada lagi acara yang bakal dibikin. Begitulah ceritanya kalo ada tujuan hidup walaupun jangka pendek.

Tapi beberapa minggu kemarin sob, Saya dapet pengalaman berharga. Ngerasain ga punya tujuan hdup! Asli rasanya bête. Yang namanya aktivitas tuh ga berasa apapun. Ga berasa nambah pengalaman, ga berasa asik, jadi hambar deh. Coba bayangin, tiap guru ngasih tugas atau peer, ga ada niat coba buat ngerjain. Kenapa? Saya ga punya tujuan atau target masuk 10 besar atau 3 besar kelas. Kalo gitu kan buat apa Saya ga ngerjain tugas. Udah gitu belajar tuh ga ada semangatnya. NIatnya biar ga ketinggalan doing. Ga ada semangat buat jadi yang  paling paham dan menguasai materi. Sampe-sampe ya, bangun tidur tuh yang saya pikirin “Aduh! Hari ini ada tugas apa aja ya yang harus dikumpulin. Ko saya ga buat satupun?”. Jadi yang ada tuh cuma perasaan bosen. Kalo kita punya tujuan hidup bawaannya pengen cepet-cepet besok biar bisa ngelakuin ini itu, saat kita ga punya tujuan hidup pengen cepet-cepet besok tuh karena bosen hari ini ga ngapa-ngapain.

Nah, setelah baca curhatan tulisan di atas, mungkin kita akan berpikir “Ga punya tujuan hidup tuh jelek ya. Saya harus punya tujuan hidup!”. Sah-sah aja kalo berpikir kaya gitu. Tapi ada yang perlu Saya certain tentang kondisi tidak punya tujuan hidup yang menarik. Suatu hari -masih beberapa minggu lalu-, Saya bangun tidur dengan perasaan malas karena ga tau mau ngapain hari ini. Tapi ya akhirnya sekolah juga takut hak waris dicabut sama ortu. Di sekolah ya gitu aja menjalani hari tanpa semangat. Pas pulang karena emang ga ada rencana hayu-hayu aja pas diajak ini itu sama temen. Diajak maen hayu, disuruh nunggu tenang da ga ada jadwal. Terus itu berlalu sampe malem. Sebelum tidur, seperti biasa merenung. Anehnya, Saya merasa hari itu sangat positif untuk Saya. Saya merasa dan memang melakukan semua aktivitas dengan lebih tenang. Saya jadi lebih sabar dan tidak tergesa-gesa seperti saat banyak proyek. Terasa hari itu Saya berbuat baik lebih banyak dari hari biasanya. Pokonya seneng deh di hari itu. Bahkan saat hari itu akan berakhir aura positifnya masih menempel. Dari sana timbul sebuah pertanyaan,  

“Apakah kita perlu tujuan hidup jika kita bisa hidup lebih baik tanpanya?”

Pertanyaan yang ternyata sangat mendasar. Kalau memang kita bisa hidup dan menjadi lebih baik (menurut kita dan orang lain) tanpa tujuan hidup, masihkan tujuan hidup itu dibutuhkan? Jika kita dan orang-orang di sekitar kita menjadi lebih bahagia tanpa tujuan hidup, masihkah kita butuhkan? Jika tanpa tujuan hidup kita bisa lebih bermanfaat tanpa tujuan hidup, masihkah kitabutuhkan?

Di akhir tulisan ini Saya ingin mengajak kalian semua yang membaca untuk merenung.
  •  Bagi yang sudah punya tujuan hidup, sudahkah menurut anda itu tujuan yang terbaik dan bisa bertahan sepanjang hidup anda?
  • Bagi anda yang belum punya tujuan hidup, sudahkah anda mencoba memiliki tujuan hidup dengan segala keuntungannya?
  • Bagi anda yang sudah punya tujuan hidup, sudahkah anda mencoba untuk tidak memiliki tujuan hidup dengan segala konsekuensinya?
Semoga tulisan ini bisa membantu kita meng-upgrade hidup kita. Dan jangan lupa untuk share, kalo punya jawaban untuk pertanyaan Saya.

Ilman Dzikri

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

4 comments:

  1. analoginya menurut aku sama aja kaya mau pergi naik angkot sih: kalo gatau tujuannya mau kemana juga ga akan tau mau naik angkot apa. ga jelas deh arahnya kemana.

    kejar mimpinya Man! kejar!

    ReplyDelete
  2. jadi menurut kamu ga ada yg bisa lebih baik tanpa tujuan hidup ya sarch? hmmm...

    ReplyDelete
  3. Kita perlu banget tujuan hidup man, kalo kata aku itu udah mutlak banget dibutuhin. Kalo engga ya persis kaya orang bawa mobil tapi ga tau mau turun dimana.

    Naaah tapi kalo aku tipe tipe orang spontan, spontanitas juga penting man biar ga stres hehe. Walaupun hal-hal kecil yang dilakuin itu spontan, tapi tetep menuju ke tujuan yang mendasar itu.

    Intinya mah jangan terlalu organized jangan juga terlalu spontaneous. Tapi tetep aja... hidup spontan!

    ReplyDelete